Sunday 10 August 2008

lagu dan permainan anak-anak : sebuah analisa mini. *or so i think.*

yo, fellas! maap maap banget yaa kalo jarang nge-update blog! yah, sebagian dari anda pasti tahu, sodara-sodari, sekolah tempat saya menuntut ilmu tuk dihari nanti sedang menggila-gilanya. ya, SMAN 78 MD (Minta Dibakar) memutuskan jam sekolah sampe jam 4 sore mameen! mana pelajarannya bikin botak lagi! berasa mau kentut api. huh.

oke, here’s recent happenings on my life :

- gw lupa kalo gw janjiin foto sarseh yg tertinggal. well, gw dpt satu, tapi masih ada yg menyusul! tunggu yaa. ini fotonya:


foto pengungsi dari Zimbabwe lagi ngantri buat mandi. oke ngaku, itu gw.

- gw baru ulangan fisika dan yang bikin soal minta dibakar secara anak2 sekelas blom pada ngerti tapi tetep ngotot ngadain ulangan. HUH.

- MUKJIZAT! gw (merasa) suka pelajaran MATEMATIKA! *aduh kesambet setan apaan gue yaa?*

- nyokap gw baru beliin adek gw CD ”Lagu Anak-Anak Sepanjang Masa (1+1)”. ga tau kenapa, sekarang adek gw yang menyerupai kutil kuburan itu, Naser, freak banget sama lagu ”Gelang Sipatu Gelang”, ”1+1”, ”Burung Kakaktua”, ”Naik Naik ke Puncak Gunung”, dsb. kalo disamain sama orang dewasa, mungkin kegilaan adek gw sama lagu2 barusan udah setara sama fansnya Persija. uh.

dari sekian kejadian yg terjadi akhir-akhir ini dikehidupan gw, yang paling happening tuh yang ke-empat. kenapa? setelah dipikir2 ulang, ternyata lagu anak2 mengandung banyak sekali makna tersirat, baik yang makna ”baik”, hingga ke makna yang ”tidak baik”. sbenernya gue jg terinspirasi dari buku ’GOKIL!’ karangan Miund sih. hehee. yosh, kita bahaaas!

oke kita mulai dari lagu legendaris yg pertama, ”Burung Kakatua”.


Burung Kakatua

Hinggap di jendela

Nenek sudah tua

Giginya tinggal dua

Tek dung...tek dung...tek dung lalalaaa~ (3 x)

Burung Kakatuaaaa~~~


perhatikan kalimat yg di-bold. knp di bold? karena yg gw denger dari CD itu bunyinya malah ’SLEK dung...SLEK dung...SLEK dung lalala~’. berarti ada BANYAK versi! oke, langsung analisanya aja. gw rasa itu usaha si pencipta lagu menirukan bunyi alat musik. dan lagi, liriknya TIDAK NYAMBUNG! apa hubungan antara burung kakaktua yang sedang hinggap di jendela sama nenek-nenek yang udah tua trus giginya tinggal dua? aneh. huhu.

lagu kedua. sbenernya sih lagu permainan, tapi ini sudah amat sangat membumi kayaknya. lagu hom pim pah.


Hom pim pah alaihum gambreng

Ma’ Ijah pake baju rombeng!


apakah arti dari kalimat ’hom pim pah’? trus, kenapa mesti Ma’ Ijah? kan kasian Ma’ Ijah disuruh pake baju rombeng *loh?*. lagian, rombeng itu kan biasanya dipasangkan dengan kata benda kaleng, bukan orang. kaleng rombeng, huh? kenapa jadi baju rombeng? non sens deh. haha.

ada lagi nih. lagunya gw ga tau judulnya, tapi (mungkin) kalian semua tahu. lagu Mi Mi Mi.


Mi mi mi mi

mi atas, mi bawah

mi depan mi belakang

mi 1 2 3

mi 3 2 1

mi chiyo chiyo chiyo

mi gulung gulung gulung


bapak darimana pak? dari bekasi

bapak beli apa pak? beli lemari

kuncinya dimana pak? ada di Budi

Budi minta susu pak! ada di sapi

sapi minta rumput pak! ada di sawah

sawah minta air pak! ada di gunung

gunung minta api pak! ada di kompor

kompor minta minyak pak! ada di warung

warung minta duit pak! ada di bank.


Bank bank tut akal ulang aling

siapa yang kentut ditembak raja maling!


huff. lagu yg cukup panjang. ada 2 versi dari permainan ini; versi pertama adalah setelah baris ’mi gulung gulung gulung’, kedua pemain langsung suit. versi kedua, kedua pemain terus bernyanyi hingga lagu selesai. CAPEK! dan juga, menurut saya amat sangat JAYUS, bagian ’bank bank tut akal ulang aling’. lagipula, amat sangat nonsens apa bila gunung minta api sama kompor! kalo sama tukang korek api sih boleh. dan lihat bait terakhir! kasian banget kan, kalo lagi perampokan di bank, trus kita dijadiin sandra ternyata kita kentut dan ditembak si raja maling. ah jayus. dan perhatikan kata-kata yang di-bold. ingat, perhatikan.

...

...

...

INTINYE MAU NANYA APAAN KE BAPAKNYA, HAH?

...

...

tapi si bapaknya pinter juga ya ngejawab pertanyaannya. ada-ada ajaaa~

N.B. = aaah sulit sekali mendapatkan inspirasi untuk bahan postingan blog! jadi, maap maap yaa kalo postingannya lagi jayus. hehehee~

6 comments:

Anonymous said...

BEGO! hahaha
ehh, tapi believe it or not gue jga lgi suka sma pelajaran MATEMATIKA . gurunya asik ! yg ngajarin gue emaknya si DIAR . tau diar kaan?

keep writing dude, gue butuh bnyak trtawa nihh .. hhuhu

Unknown said...

emosian bgt si bang heran namanya jg bocah. btw analisa lu kocag wwkw

detisriw said...

Sebagai bocah yang dulu nyanyiin lagu itu dan mainin permainannya dulu ga pernah niat ngertiin liriknya sih tau nya main aja wkwkwkwk

Siti Rohimah said...

Kebantu banget sama ini lagu, thanks ya!

Anonymous said...

ini tahun 2008. lama banget. jadi sedih dh wkwk

Anonymous said...

Gw lg ngajarin anak gw yg 2 thun nyanyiin si mimimimi mi atas mi bawah tp lupa lirik di si budi wkwk pas gw searching ternyata nemu blog ini wkwk thank yaaa